Sabtu, 10 Maret 2012

Limbah Pabrik Kelapa Sawit

pohon sawit
Kelapa Sawit

Indonesia saat ini adalah produsen CPO (crude palm oil) terbesar di dunia dan memiliki lahan sawit terluas di dunia. Luas areal kelapa sawit di Indonesia tahun 2007 menurut Dirjenbun, Deptan, diperkirakan mencapai 6.6 juta ha dan produksi CPO pada tahun tersebut mencapai 17.3 juta ton. Luas area dan produksi diperkirakan akan terus meningkat mengingat saat ini gencar dilakukan pembukaan lahan-lahan sawit baru, terutama di pulau Kalimantan dan Papua. data luas sawit

Data luas area kelapa sawit dan produksi CPO Indonesia dari Dirjenbun.


pohon sawit TBS

Pohon kelapa sawit menghasilkan buah sawit yang terkumpul di dalam satu tandan, oleh karena itu sering disebut dengan istilah TBS (Tandan Buah Segar). Sawit yang sudah berproduksi optimal dapat menghasilkan TBS dengan berat antara 15-30 kg/tandan.
buah sawit

Tandan-tandan inilah yang kemudian diangkut ke pabrik untuk diolah lebih lanjut menghasilkan minyak sawit. Produksi utama pabrik sawit adalah CPO dan minyak inti sawit. CPO diekstrak dari sabutnya, yaitu bagian antara kulit dengan cangkangnya. Sedangkan dari daging buahnya akan menghasilkan minyak inti sawit. Varietas sawit dengan kulit tebal banyak dicari orang, karena buah sawit seperti ini yang rendemen minyaknya tinggi.
pabrik sawit

Neraca pengolahan sawit di pabrik kelapa sawit kurang lebih seperti gambar neraca massa di bawah ini. Dari setiap ton TBS yang diolah dapat menghasilkan 140 – 200 kg CPO. Selain CPO pengolahan ini juga menghasilkan limbah/produk samping, antara lain: limbah cair (POME=Palm Oil Mill Effluent), cangkang sawit, fiber/sabut, dan tandan kosong kelapa sawit.
neraca sawit



Limbah cair yang dihasilkan cukup banyak, yaitu berkisar antara 600 – 700 kg.
Dihasilkan pula serat dan cangkang yang mencapai 190 kg.
Fiber sawit

cangkang sawit
Cangkan sawit yang menggunung di pabrik kelapa sawit
boiler

Fiber dan cangkang umumnya digunakan sebagai bahan bakar boiler. Uap dari boiler dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dan untuk merebus TBS sebelum diolah di dalam pabrik.
Limbah lain yang sangat besar jumlahnya selain limbah cair adalah tandan kosong kelapa sawit (TKKS) yang mencapai 230 kg dari setiap ton TBS yang diolah. Jumlah ini sangat besar dan menggunung di pabrik-pabrik kelapa sawit. Dulu TKKS langsung dibuat tanda dicacah terlebih dahulu. Perhatikan gambar di bawah ini yang menunjukkan banyaknya TKKS dari sebuah PKS (pabrik kelapa sawit).

Namun saat ini sebagian pabrik sudah mulai melakukan pencacahan terhadap TKKS yang dihasilkannya. Mesin cacah yang digunakan berkapasitas cukup besar dan jumlahnya beberapa buah.
mesin cacah

Mesin cacah TKKS.
tkks
Pencacahan ini dapat mengurangi volume TKKS dan memudahkan untuk pengolahan lebih lanjut.

Berdasarkan data dari Dirjenbun, potensi limbah TKKS ini sangatlah besar seperti yang ditunjukkan dalam grafik di bawah ini.
data tkks

Data perkiraan jumlah TKKS di Indonesia sejak tahun 2000-2009 berdasarkan data produksi CPO Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar